Monstera Variegata, Tanaman Unik yang Jadi Primadona

Beberapa jenis tanaman bisa mengalami kondisi variegata. Tanaman seperti itu akan memiliki warna daun bukan hijau, melainkan putih, kuning, atau bahkan merah muda. Kondisi variegata memang unik dan juga langka, oleh karena itu berharga mahal di pasaran. Salah satu tanaman yang bisa mengalami kondisi variegata adalah Monstera. Simak selengkapnya mengenai Monstera variegata di sini.

Sekilas tentang Monstera variegata

Jenis Monstera variegata memiliki keunikan tersendiri. Daunnya terdiri dari warna hijau dan putih kekuningan yang acak dan biasanya tidak sama antara helai daun satu dengan yang lainnya. Berbekal keunikan tersebut, tanaman bercorak unik ini dijual lebih mahal dibandingkan monstera jenis lainnya di pasaran.

Warna tersebut membuat tanamanan lebih sulit menyerap sinar matahari sehingga sebaiknya jangan simpan di ruangan gelap atau kurang cahaya matahari. Perawatannya tidak berbeda dengan monstera umumnya, yaitu siram tanaman ketika kering dan beri dukungan tempat atau objek agar tumbuh ke atas dengan cantik.

Penyebab Monstera Menjadi Variegata

Penyebab variegata adalah mutasi genetik pada sel-sel tanaman. Mutasi ini bisa terjadi secara alami maupun buatan. Akan tetapi, mutasi yang terjadi secara alami sangat langka, dengan perbandingan sekitar 1:1000000. Karena harga di pasaran cukup tinggi, membuat orang-orang sengaja menciptakan mutasi pada tanaman supaya menjadi variegata.

Mutasi yang menyebabkan variegata merupakan perubahan sebagian kecil dari gen warna pada sel titik tumbuh tanaman. Sel tersebut terus membelah dan berkembang hingga membentuk warna selain hijau. Di sisi lain, sel yang normal juga mengalami perkembangan. Keduanya terus berkembang sampai membentuk organ, misalnya daun. Pada kondisi ini daun tanaman disebut dengan variegata.

Pada pertumbuhannya, warna variegata tidak selalu bisa berkembang dengan baik dan bisa kembali ke warna semula, yaitu hijau. Ada dua kemungkinan penyebab, yaitu sel variegata mempunyai sifat mutasi tidak permanen, atau sel variegata itu tidak sempurna. Sifat lemah dari sel variegata itu bisa menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit atau tidak bisa bersaing dengan sel normal dalam menyerap suplai makanan. Pada akhirnya, sel tidak bisa berkembang dan mati.

Ciri-Ciri Monstera variegata

Ciri-ciri yang paling terlihat dari tanaman ini adalah batas coraknya jelas dan saling terhubung dengan corak pada bagian lain. Kalau perbedaan warna yang penyebabnya adalah penyakit atau kekurangan nutrisi, tampak seperti bercak tumpahan kopi. 

Ciri lainnya adalah bercak tersebut bisa terlihat sampai ke batang atau tangkai dan tulang daun. Hal ini karena mutasi sel berawal dari titik tumbuh, kemudian terus berkembang sampai membentuk daun, batang, tangkai, dan tulang daun. Namun bercak pada tanaman yang terserang penyakit atau kekurangan nutrisi hanya pada daun. 

Beberapa Fakta Terkait Monstera variegata

Berikut beberapa fakta terkait dengan Monstera variegata.

Mudah ditanam dan dirawat

Monstera variegata dapat tumbuh dengan baik pada suhu ruang sekitar 23-30 derajat celcius di siang hari, dan 15 derajat celcius di malam hari. Media tanam yang baik adalah campuran tanah dengan pasir yang bercampur kompos dengan komposisi 1:1.

Budidayanya dapat kita lakukan secara vegetatif, yaitu dengan setek batang. Proses setek pun tidak sulit, dengan cara memotong bagian batang kemudian tancapkan ke dalam tanah. Perawatannya cukup dengan meyiraminya secara rutin setiap pagi atau sore hari, dan berikan pupuk secara berkala.

Tanaman ini cukup beracun

Daun tanaman ini berbahaya jika tertelan. Gejala yang timbul, diantaranya rasa nyeri, kehilangan suara, serak, pelepuhan hingga iritasi mulut. Tanaman ini bisa berbuah ketika umurnya satu tahun dengan bentuk buah seperti nanas. Di dalam buahnya mengandung asam oksalat dengan kadar tinggi yang cukup berbahaya jika tertelan manusia atau hewan peliharaan.

Harga monstera dihitung per daun

Karena jenis tanaman ini yang masih populer, harganya pun banyak penjual hitung per daun. Harga daun Monstera variegata berkisar antara Rp350.000 sampu dengan Rp1.200.000, tergantung ukurannya. Semakin besar daunnya, tentu semakin mahal. 

Harga Monstera variegata

Dominasi warna daun hijau dan putih memberikan kesan unik dan menjadikan tanaman ini sebagai salah satu monstera favorit. Harga Monstera variegata cukup mahal, sekitar Rp700.000 hingga Rp3.500.000. Sedangkan untuk harga bibitnya berkisar antara Rp150.000 sampai Rp400.000.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki Monstera variegata?

Ana Zuhriatun Nisa
Seorang lulusan Pendidikan Kimia Universitas Lampung yang memiliki hobi menulis sejak SMA. Selain menjadi guru, saya juga menekuni dunia pembuatan konten sejak 2017.
Sebelumnya

Fungsi TDS Meter dan Fitur Lengkapnya

6 Cara Budidaya Rumput Gajah, Mudah dan Untung Besar!

Berikut