Ketahui Lebih Jauh tentang Monstera deliciosa Yuk

Tanaman hias kembali menjadi populer sejak pandemi Covid-19 mengharuskan banyak aktivitas yang harus kita lakukan di rumah saja. Banyak orang mulai menanam tanaman hias untuk mengisi waktunya di rumah. Salah satu tanaman hias yang menjadi sangat populer adalah Monstera deliciosa. Yuk ketahui lebih banyak tentang tanaman hias yang sedang trending ini di ulasan berikut.

Sekilas Tentang Monstera deliciosa

Monstera deliciosa merupakan jenis monstera yang paling banyak kita jumpai. Permukaan daun tanaman ini berlubang dan menjari di bagian pinggirnya. Ciri khas lainnya adalah ukuran daunnya besar dan bentuknya menyerupai bentuk hati.

Seperti daun tumbuhan pada umumnya, warna daun tanaman eksotik ini adalah hijau. Pada tanaman monstera yang umurnya lebih tua, warna daun akan menjadi lebih gelap. Jenis monstera ini bisa tetap hidup di dalam ruangan dengan yang bersuhu 20-30 derajat celcius. Model daun yang unik tersebut akan membuat tampilan rumahmu jadi lebih menarik, dan juga asri.

Manfaat Monstera deliciosa

Selain membuat ruangan tampak lebih asri, menanam tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini juga memiliki banyak manfaat lain, beberap di antaranya adalah sebagai berikut. 

Menambah stok oksigen dalam ruangan

Bukan hanya bentuknya yang unik, Monstera juga memiliki keunikan lain, yaitu mengeluarkan oksigennya pada malam hari. Jadi aman jika Anda menyimpannya di dalam ruangan, misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga. Kalau Anda membuat ruangan dengan konsep urban jungle, jangan lupa untuk memajang Monstera di ruangan rumah Anda. 

Menambah estetika dan kesan elegan ruangan

Berbekal bentuknya yang unik, Monstera deliciosa bisa dibilang menjadi tanaman yang juara untuk menambah estetika ruangan. Perawatan tanaman ini juga tidak sulit. Jadi sangat cocok jika menjadi pajangan di rumah Anda.

Selain menambah estetika ruangan, rumah Anda juga akan tampak lebih mewah dan elegan dengan adanya tanaman ini. Monstera deliciosa yang daunnya lebar serta besar akan tampak mendominasi ruangan. Kesan sejuk juga akan membuat Anda semakin betah berada di dalamnya.

Bisa dijual kembali

Karena harga pasarannya sekarang Monstera deliciosa menjadi tanaman yang mudah anda jual kembali. Dengan kata lain, tanaman ini bisa anda jadikan sebagai investasi. Kalau Anda mempunyai tanaman ini di rumah, bisa dibudidayakan, kemudian dijual. Terlebih saat ini banyak penggemar tanaman yang sedang memburunya. Menarik, bukan?

Meningkatkan gengsi pemilik rumah

Konon, menurut kepercayaan dari kebudayaan Tiongkok, menyimpan tanaman ini di rumah memiliki arti terkait kemakmuran.Terlebih lagi dengan harganya yang saat ini mahal, meletakkan tanaman cantik ini di rumah akan menaikkan gengsi Anda sebagai pemilik rumah. 

Harga Monstera deliciosa di Pasaran

Jenis monstera satu ini memiliki keunggulan pada bentuk dan warna daunnya yang unik, dengan bentuk seperti jari. Ukurannya cukup besar untuk tanaman yang sudah dewasa, dan sangat cocok menjadi tanaman hias dalam ruangan. Lalu bagaimana dengan harganya?

Harga Monstera deliciosa di pasaran berkisar antara Rp350.000 sampai dengan Rp1.000.000. Harga ini tidak bisa menjadi patokan, karena ada beberapa hal yang mempengaruhi perawatan dan bentuk tanaman hias ini.

Harganya bisa menjadi lebih mahal, karena kualitasnya lebih baik, warna dan bentuknya lebih eksotis, serta perawatannya lebih baik.

Anda juga bis membeli bibitnya yang memiliki harga lebih murah. Harga bibit Monstera deliciosa berkisar antara Rp75.000 sampai dengan Rp150.000. Jika Anda memperoleh bibit monstera yang bagus, tentu akan menjadi potensial untuk dibudidayakan dan mendatangkan keuntungan.

Budidaya Monstera deliciosa

Monstera deliciosa bisa dibudidayakan dengan teknik yang cukup sederhana, yaitu teknik vegetatif setek batang. Tanaman ini merupakan tumbuhan merambat yang memiliki akar pada batangnya, sehingga batang tanaman tersebut bisa anda potong, serta akar-akar gantungnya bisa menjadi akar sejati.

Media tanam yang biasanya digunakan adalah campuran tanah, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 untuk tiap komponen. Meski demikian, Monstera deliciosa masih bisa tumbuh di tempat lain. Supaya tanaman Anda tumbuh sehat, pilih pupuk yang mengandung nitrogen lebih tinggi jika kita bandingkan unsur haranya, misalnya dengan pupuk organik.

Untuk perawatannya, selain memperhatikan kadar air, tanah, dan nutrisi tanaman, Anda juga perlu mengganti pot secara berkala. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, Anda juga memerlukan pot yang lebih besar, bukan?

Ana Zuhriatun Nisa
Seorang lulusan Pendidikan Kimia Universitas Lampung yang memiliki hobi menulis sejak SMA. Selain menjadi guru, saya juga menekuni dunia pembuatan konten sejak 2017.
Sebelumnya

Teknik Vertikultur Untuk Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Fungsi TDS Meter dan Fitur Lengkapnya

Berikut