Monstera borsigiana, Kembaran deliciosa Berukuran Kecil

Anda ingin menanam monstera yang tidak terlalu besar? Anda bisa memilih Monstera borsigiana. Bentuk dan model daunnya sangat mirip dengan Monstera deliciosa, hanya saja berukuran lebih kecil. Yuk ketahui lebih banyak mengenai salah satu jenis monstera paling keren ini melalui ulasan berikut.

Sekilas Tentang Monstera borsigiana

Monstera borsigiana berukuran tidak terlalu besar dan memiliki kemiripan dengan jenis deliciosa. Namun, lubang-lubang pada monster jenis ini lebih berjarak, sehingga terlihat lebih simpel. Karena ukurannya yang kecil, batang tanamannya cenderung lebih lunak, sehingga akan tumbuh menjuntai. Anda bisa meletakkan tanamn hias ini di teras atau balkon rumah dengan cara menggantung.

Harga Monstera borsigiana

Di pasaran, Monstera borsigiana biasa pedagang jual dengan harga mulai dari Rp450.000 sampai dengan Rp4.500.000. Semakin besar ukurannya, harganya pun semakin mahal. Harga bibitnya juga bervariasi, berkisar antara Rp150.000 sampai dengan Rp350.000.

Perawatan Tanaman Monstera borsigiana

Merawat Monstera borsigiana tidaklah sulit. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat tanaman ini.

Kondisi tanah

Monstera berasal dari tanah tropis yang menerima banyak hujan sepanjang tahun. Jadi, Anda memerlukan tanah dengan drainase dan aerasi yang baik. Cara yang bagus adalah menggunakan campuran tanah yang mengandung lumut gambut, kulit kayu anggrek, dan perlit.

Tanaman ini juga menyukai tanah yang sedikit asam hingga basa, dengan pH sekitar 5-7,5. Karena relatif mudah busuk, pastikan terdapat lubang drainase yang tidak memungkinkan penumpukan air.

Kadar air

Jika Anda menanam Monstera borsigiana di dalam pot, Anda bisa menyiram tanaman sampai terlihat air keluar dari lubang drainase. Sebaiknya gunakan air hangat dan berkadar klorin rendah saat menyiram. Anda bisa membiarkan air mengendap selama 24 jam sebelum anda siram. Dengan kata lain, Anda bisa menyiram tanaman ini sekali saja dalam 24 jam.

Pencahayaan

Monstera borsigiana lebih menyukai sinar matahari yang cerah dan tersaring, dibandingkan sinar matahari secara langsung. Namun, menempatkannya di tempat yang tidak cukup sinar matahari juga tidak baik. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menempatkan tanaman menghadap jendela yang memiliki naungan atau menanamnya di bawah lampu buatan.

Suhu

Meski kurang cocok pada suhu ekstrem, tanaman ini dapat mentolerir berbagai tingkatan suhu. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan Monstera borsigiana adalah 15-25 derajat Celcius. Selain itu, pastikan tanaman ini dijauhkan dari jendela yang terbuka dan unit pemanas/pendingin rumah yang memungkinkan fluktuasi suhu. Perubahan suhu yang mendadak dapat berdampak buruk pada keberlangsungan hidup tanaman.

Kelembaban

Tingkat kelembapan minimum yang diperlukan tanaman ini sekitar 65%. Untuk mempertahankan kelembapan tersebut, Anda bisa menggunakan nampan air kerikil di bawah pot tanaman atau memasang pelembab udara di sekitarnya. Selain itu, lakukan penyemprotan lingkungan tanaman dan pastikan tidak ada kontak langsung dengan tanaman. 

Jika Anda melihat ujung daun tanaman Monstera borsigiana berubah warna menjadi coklat atau renyah, tanaman mungkin mengalami stres karena kelembapan. Jika demikian, Anda perlu memeriksa tingkat kelembapan dan mengaturnya sesuai dengan preferensi tanaman.

Kebutuhan pupuk Monstera borsigiana

Kebutuhan pupuk dari tanaman ini standar. Anda perlu memupuknya sebanyak dua sampai tiga kali sepanjang tahun. Untuk memastikan kesehatannya, tambahkan sedikit pupuk berkualitas baik sekitar 15 cm dari pangkal tanaman. Lakukan itu sebanyak satu atau dua kali sebulan. Akan lebih baik jika menggunakan pupuk organik yang dibuat khusus untuk Monstera. Jika menggunakan pupuk cair encer, pemberian pupuk dilakukan dua kali seminggu. 

Pergantian pot

Tanaman ini bisa tumbuh cukup baik dalam pot berukuran layak dan Anda tidak perlu mengganti potnya setiap bulan. Saat tanaman tampak terikat pada akar, ganti pot ke ukuran lebih besar dan berventilasi baik dengan lubang drainase di dasarnya. Jika ingin tanaman merambat, gunakan tiang sphagnum moss alami dan masukkan ke dalam pot tanah untuk mendorong pertumbuhan yang tepat. 

Pemangkasan

Agar tanaman terlihat menarik, Anda bisa memotong beberapa daun yang terdistorsi atau menyingkirkan daun kuning. Potong tanaman dari bawah jika Anda memangkasnya untuk mengontrol ukuran. Jika terdapat infeksi bakteri, Anda bisa memotong bagian itu supaya infeksi tidak meluas.

Sekarang sudah lebih kenal bukan dengan Monstera borsigiana? Tertarik untuk menanamnya?

Ana Zuhriatun Nisa
Seorang lulusan Pendidikan Kimia Universitas Lampung yang memiliki hobi menulis sejak SMA. Selain menjadi guru, saya juga menekuni dunia pembuatan konten sejak 2017.
Sebelumnya

Ketahui Lebih Banyak Tentang Monstera adansonii Di Sini

Jenis Jambu Air Paling Unggul dan Manis di Indonesia

Berikut