Ketahui Lebih Banyak Tentang Monstera adansonii Di Sini

Monstera, atau yang belakangan ini kita kenal sebagai janda bolong memiliki warna dan bentuk daun yang menarik. Tanaman ini termasuk dalam anggota suku Araceae (talas-talasan) dari marga Monstera. Tanaman yang berasal dari daratan Amerika ini memiliki banyak jenis, salah satunya Monstera adansonii. Yuk ketahui lebih banyak tentang Monstera adansonii di sini.

Sekilas Tentang Monstera adansonii

Di alam, monstera merupakan tumbuhan semi epifit, maksudnya tumbuhan yang akarnya tetap sampai tanah, merambat, dan menempel pada tumbuhan lain pada intensitas cahaya yang rendah. Pada lingkungan dengan kelembaban tinggi, monstera dapat berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini berbunga pertama kali saat usianya tiga tahunan.

Di pasar tanaman hias, Monstera adansonii banyak pedagang tanaman hias jual dengan harga cukup mahal. Di habitat aslinya, M. adansonii dapat kita temukan lebih banyak dan lubang-lubang pada daun tanaman ini berbentuk ellips atau melonjong. Tanaman ini juga tidak memiliki sulur dan tumbuh cukup cepat.

Perbanyakan Monstera adansonii

Seperti monstera jenis lain, Monstera adansonii bisa diperbanyak menggunakan  metode stek batang. Langkah-langkah dalam metode stek batang adalah sebagai berikut.

  • Siapkan pot dengan campuran tanah yang sesuai dan tambahkan sedikit air ke dalamnya.
  • Potong batang tanaman monstera tersebut di bagian yang memiliki banyak ruas atau daun.
  • Masukkan potongan batang itu ke dalam pot yang sudah disiapkan dan tambahkan lebih banyak tanah dan air jika diperlukan.
  • Letakkan potongan batang di tempat yang terkena sinar matahari dan biarkan akar baru tumbuh.
  • Setelah akar atau daun baru tumbuh, pindahkan ke pot yang lebih besar.
  • Ganti air tanaman jika perlu.

Perlu waktu sekitar 3-6 minggu untuk Monstera adansonii mulai menumbuhkan akar. 

Masalah Umum Monstera adansonii

Beberapa masalah umum yang sering kita temui pada Monstera adansonii adalah sebagai berikut.

Akar Membusuk

Meski mudah dalam perawatannya, tanaman ini mereka sensitif terhadap perubahan jadwal penyiramannya. Penyiraman yang berlebihan bisa membuat akarnya membusuk. Untuk menghindarinya, atur frekuensi penyiraman dengan baik.

Daun Menguning

Jika daun tanaman kesayangan Anda menguning atau coklat, salah satu penyebab umumnya adalah kekurangan atau kelebihan air.

Jadi perhatikan baik-baik tanah tanaman untuk mengetahui apakah tanaman tersebut membutuhkan air. Jika beberapa cm teratas sudah kering, tambahkan air secukupnya. Namun jika terasa terlalu basah, tidak perlu menyiraminya terlebih dahulu.

Alasan lain daun menguning adalah tidak cukup sinar matahari atau serangan hama. Tempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung. Jika penyebabnya serangan hama atau infeksi jamur, Anda bisa menyemprotkan antijamur atau antibakteri ke tanaman Anda. 

Daun tanpa sobekan atau lubang

Sebenarnya normal saat monstera tidak memiliki lubang atau sobekan.  Namun hal ini bisa terjadi karena sinar matahari yang tidak memadai. Alasan normalnya adalah tanaman masih terlalu muda untuk membuat sobekan.

Jika tanaman sudah cukup umur namun belum membuat sobekan, mungkin kekurangan sinar matahari. Pastikan Anda menaruhnya di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah dan berikan pupuk secara teratur. 

Serangan Hama

Jika bakteri atau hama telah menginfeksi tanaman monstera Anda, lakukan penyemprotan antibakteri sesegera mungkin. Selain itu, perhatikan kondisi tanah tanaman. Tanah yang terlalu basah meningkatkan kemungkinan serangan hama atau infeksi tungau. Jangan lupa gunakan pot yang memiliki drainase baik untuk tanaman.

Harga Monstera Adansonii

Monstera adansonii memiliki ukuran relatif kecil dibandingkan dengan tanaman Monstera jenis lainnya. Ukuran daunnya juga kecil dengan warna daun didominasi hijau gradasi. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat.

Kalau Anda sangat tertarik untuk memilikinya, Anda bisa membeli di toko-toko yang menjual tanaman hias. Kisaran harganya adalah Rp350.000 sampai dengan Rp1.500.000. Harga yang cukup mahal ya, namun harga tersebut sesuai dengan bentuk tanamannya yang unik dan menarik. Perawatan yang bagus bisa menghasilkan harga yang lebih mahal lagi.

Kalau Anda ingin menanam dengan skala besar, kisaran harga bibit Monstera adansonii Rp25.000 sampai Rp55.000. Tertarik untuk membudidayakan tanaman Monstera satu ini?

Ana Zuhriatun Nisa
Seorang lulusan Pendidikan Kimia Universitas Lampung yang memiliki hobi menulis sejak SMA. Selain menjadi guru, saya juga menekuni dunia pembuatan konten sejak 2017.
Sebelumnya

6 Cara Budidaya Rumput Gajah, Mudah dan Untung Besar!

Monstera borsigiana, Kembaran deliciosa Berukuran Kecil

Berikut