Kartu Tani, Kartu Sakti untuk Subsidi Petani

Indonesia sebagai negara agraris, memiliki lahan yang luas untuk pertanian, akan tetapi sering kali pendapatan per kapita petani di bawah rata-rata. Padahal petani memiliki peranan penting dalam menyediakan berbagai bahan pangan untuk masyarakat agar tidak bergantung pada barang import.

Sayangnya, seringkali kesejahteraan para petani kurang terjamin, tidak sedikit petani yang kesulitan memperoleh pupuk mengingat harganya yang terus meningkat.

Dampaknya banyak petani meninggalkan lahannya hingga profesi mereka pun beralih. Lahan pertanian semakin tidak terurus atau berubah fungsi menjadi pemukiman, dan lainnya. Tentu saja banyak hal yang mempengaruhi tingkat kemakmuran petani di Indonesia.

Permasalahannya seperti ongkos atau biaya produksi yang mahal, sulitnya mendapatkan pupuk subsidi, harga jual yang rendah karena maraknya tengkulak yang menjatuhkan harga.

Terlepas dari itu, tentu saja pemerintah ingin menciptakan Indonesia sebagai negara dengan kedaulatan pangan. Berbagai program telah pemerintah pusat luncurkan untuk mensejahterakan petani lokal, salah satunya Kartu Tani. Sebagai petani milenial masa kini kamu harus tahu fungsi dan cara menggunakan kartu tani. Yuk kita lihat ulasan lengkapnya di artikel ini.

Mengenal Kartu Tani

Kartu Tani merupakan salah satu inovasi pemerintah untuk mensukseskan program nasional di bidang pertanian, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani. Kartu ini pada dasarnya adalah e-wallet berupa ATM yang bisa petani gunakan ntuk pemenuhan kebutuhan pertanian.

Hal tersebut dapat berupa penyaluran pupuk subsidi secara akurat sampai ke tingkat pengecer, adanya tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan.

Manfaat Kartu tani untuk petani

Dengan adanya kartu serbaguna untuk petani ini, petani bisa membeli pupuk subsidi di agen-agen terpilih guna menekan biaya produksi. Tidak hanya sulitnya mendapatkan pupuk subsidi yang menjadi permasalahan dalam pertanian Indonesia, kerapkan saat petani hampir memasuki masa panen, harga pun anjlok.

petani memegang kartu tani

Kepastian pupuk subsidi tepat sasaran.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian pertanian, Sarwo Edhy pernah menjelaskan. Dengan memiliki kartu tani, petani bisa mendapatkan kepastian dalam pemerolehan pupuk subsidi sebagai material pokok dalam pertanian.

Kelangkaan pupuk subsidi sudah menjadi masalah klasik dalam pertanian Indonesia. Saat petani memasuki musim tanam sering kali pupuk subsidi hilang dalam pasaran. Ini juga salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian dalam menyalurkan pupuk subsidi tepat sasaran.

Mempermudah penjualan hasil panen di Bulog

Masih kata Sarwo, kartu tani juga memiliki keuntungan dalam hal penjualan hasil pertanian. Salah satunya adalah kini petani bisa menjual secara langsung ke Bulog selaku off taker dengan harga yang sudah ditetapkan di atas rata-rata. Bagaimana caranya? Petani cukup membawa kartu sakti ini dan menimbang hasil panen di gudang Bulog setempat.

Sarwo juga berharap keberadaan kartu sakti ini dapat memangkas panjangnya mata rantai penjualan atau praktik penjualan tidak sehat yang merugikan petani, terutama petani kecil. Tengkulak yang merajalela serta membeli hasil pertanian dengan harga rendah tentu saja sangat merugikan petani. Mereka jadi tidak bisa menikmati hasilnya serta menutupi biaya produksi.

Lalu bagaimana selanjutnya?

Cara kerjanya juga sudah canggih, hasil panen yang ditimbang tersebut akan diinput, secara otomatis akan muncul besaran pembayaran di server Sistem Informasi Pertanian (SINPI) dan akan dikirim melalui SMS (pesan singkat) ke nomor handphone petani yang terdaftar di kartu untuk menginformasikan besaran nilai jual hasil panen yang  akan masuk ke rekening petani.

Mempermudah dalam pengajuan kredit usaha rakyat (KUR)

Selain berbagai manfaat di atas kartu ini juga bisa kita gunakan dalam kemudahan pembayaran kredit usaha. Ketika petani mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan selama masa panen, maka dana yang dimiliki bisa digunakan untuk unit usaha lainnya.

Apakah maksudnya?

Disini petani bisa mengajukan pinjaman dana atau kredit usaha ke lembaga perbankan dan keuangan yang ditunjuk pemerintah pusat dan daerah menggunakan kartu tani. Dana pinjaman tersebut tentu saja bisa petani gunakan untuk mengembangkan usaha lainnya atau menambah produk dan memperluas lahan kerja.

Cara mendapatkan kartu tani

Ada banyak manfaat yang bisa petani dapatkan melalui kartu tani, lalu bagaimana cara memperolehnya untuk mendapatkan subsidi pemerintah?

Bergabung dengan Kelompok Tani

Yang harus dipahami bahwa Kartu Tani hanya bisa dimiliki oleh anggota kelompok tani, dengan begitu seorang petani harus tergabung dalam kelompok tani untuk  bisa membuat kartu sakti tersebut.

Menyerahkan Dokumen

Selanjutnya anda harus mengumpulkan fotokopi e-KTP, fotocopi kartu keluarga (KK), fotokopi surat tanah (sertifikat) sebagai bukti bahwa anda benar-benar petani.

Pendataan

Pembuatan kartu tani bekerja dengan pihak perbankan dalam penerbitannya, namun anda (petani) tida perlu repot-repot harus mendatangi bank untuk pembuatannya. Hal ini karena sudah ada petugas pada masih-masing daerah untuk mendata melalui gapoktan desa, kelompok tani, atau kecamatan.

Penerbitan

Jika semua data-data sudah lengkap, petugas akan mengurus penerbitannya dan menyerahkan kepada petani melalui gapoktan masing-masing.

Cara Menggunakan Kartu Tani

Kartu sakti ini sangat mudah penggunaannya, dengan instruksi sederhana maka petani dapat mengaktifkan, membeli barang dan mengecek saldo secara real-time melalui jaringan yang tersedia. Berikut penulis paparkan cara menggunakannya dengan mudah dan benar :

kartu tani tanigo.id

Mengaktifkan Kartu Tani

Lalu jika sudah memilikinya bagaimana cara mengaktifkan agar bisa petani gunakan? Tidaklah sulit dalam mengaktifkan kartu tani, petani tinggal mendatangi bank yang menerbitkan lalu mengisi saldo sesuai ketentuan minimal dan maksimal perbankan. Setelah aktif dan memiliki saldo, kartu siap untuk bertransaksi.

Cara membeli barang dengan Kartu Tani

Sudahkah anda tahu bagaimana cara membeli barang dengan kartu tani? Membeli barang dengan sistem ini untuk petani sangatlah gampang, seperti halnya anda membeli barang ke toko menggunakan uang tunai, tentu saja anda perlu mendatangi kios pengecer pupuk subsidi yang sudah mendapat rujukan pemerintah setempat.

Selanjutnya pemilik kios akan menggesekkan kartu pada mesin EDC, dilayar EDC data pemegang kartu akan tampil dan petani bisa membeli pupuk sesuai kebutuhannya.

Cara Mengecek Saldo Kartu Tani

Layaknya Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu tani juga memiliki saldo untuk pembelian pupuk subsidi di kios, kadang suka ragu atau penasaran berapa lagi sisa saldo yang tersisa setelah membelanjakan berbagai keperluan pertanian. Nah bagaimanakah cara mengecek saldo yang tersisa? Kembali kami ingatkan bahwa benda ini layaknya ATM berupa kartu debit yang bisa untuk transaksi pembelian pupuk subsidi.

Sampai sementara ini untuk mengetahui saldo yang tersisa dalam kartu baru hanya bisa melalui mesin EDC, jadi petani bisa mendatangi kios pengecer pupuk subsidi yang terpilih untuk mengecek saldo. Namun dengan perkembangan teknologi, kartu tani akan berkembang sama persis dengan debit card, yang bisa melakukan tranksaksi di ATM.

Kesimpulan dan Harapan

Dengan telah terbitnya kartu tani ini tentu saja kita berharap permasalahan pertanian di Indonesia dapat segera teratasi, terutama dalam kesejahteraan petani itu sendiri. Percuma memiliki negara yang subur sementara petaninya tidak makmur.

Dengan adanya langkah pemerintah dalam kedaulatan pangan, tentu saja panjangnya mata rantai penjualan bisa berangsur berkurang.

nella marni

Saya seorang penulis lepas untuk mengisi konten di website dan blog. Pernah menjadi Jurnalis selama 4 tahun

Sebelumnya

Mengenal Seluk Beluk Buah Nam Nam, Buah Segar yang Semakin Langka

6 Tips Budidaya Jeruk Baby: Rasa Manis, Hasil Melimpah

Berikut