Keunggulan dan Karakter Kopi Robusta di Mata Petani dan Peminum Kopi

Para peminum kopi tidak akan mudah melupakan karakter kopi robusta yang bercita rasa kuat dengan aroma yang kental. Karakter khas tersebut menjadikan kopi robusta punya penggemar setianya sendiri dan dikonsumsi di seluruh dunia.

Perlu kita ketahui bahwa kopi robusta adalah spesies kopi yang berasal dari daratan Afrika. Nama latin kopi robusta adalah coffea canephora. Seiring perkembangan zaman, tanaman kopi robusta ini berpindah ke Indonesia dan jadi salah satu produk ekspor unggulan Indonesia.

Rata-rata lokasi budidaya kopi robusta ada di dataran tinggi. Tanaman kopi robusta tumbuh baik di dataran dengan ketinggian 400-700 mdpl dan bersuhu 21-24oC.

Karakteristik Tanaman Kopi Robusta

Seperti yang disebutkan di atas, budidaya tanaman kopi robusta cocok di dataran 400-700 mdpl.

Walaupun begitu, tanaman kopi robusta sebenarnya juga bisa dapat petani tanam di ketinggian di bawah 400 mdpl. Hanya saja perkembangan tanaman tidak akan optimal, termasuk tidak menghasilkan biji berkualitas. Akibatnya, karakter kopi robusta juga tidak akan maksimal dan efeknya nilai jualnya jadi rendah.

Ciri Khas

Ciri khas tanaman kopi robusta yang tumbuh optimal dan baik di antaranya:

  1. Batang tanaman kopi robusta berciri keras, putih gradasi abu-abu, dan berkayu. Cabang primer cenderung lentur dan membentuk pola payung.
  2. Daun tanaman kopi robusta berbentuk oval dengan ujung runcing. Ukuran panjang daun sekitar 5-15 cm dengan lebar sekitar 4-6,5 cm.
  3. Bunga tanaman kopi robusta mulai muncul sejak tanaman berusia 2 tahun. Bunga tumbuh di cabang primer dan mekar di musim kemarau.
  4. Buah tanaman kopi robusta siap dipanen setelah 10-11 bulan sejak bunga muncul. Buah muda berwarna hijau lalu kemudian jadi merah.
  5. Rata-rata jenis kopi yang ditanam di Indonesia adalah tanaman kopi robusta

Karakteristik Biji Kopi Robusta

Salah satu karakter kopi robusta yang paling khas dan membedakannya dengan kopi jenis lain adalah biji dan rasanya.

Ciri utama biji kopi robusta ada pada bentuknya yang simetris bundar, bertekstur kasar, berukuran kecil, dengan lekukan tengah yang samar. Warna biji kopi robusta cenderung pucat. Ciri khas tersebut mudah kita kenali secara kasat mata.

Nama robusta berasal dari kata "robust" dalam bahasa Inggris yang berarti kuat. Nama itu menggambarkan rasa dan aroma kopi robusta yang cenderung kuat dan pahit. Ciri khas tersebut adalah hasil dari kandungan pyrazine di biji kopi.

Selain rasa dan aroma pahitnya, biji kopi robusta juga cenderung punya tingkat keasaman tinggi. Ditambah juga dengan tingkat kekentalan cairan kopi yang dihasilkan juga tinggi. Karakter kopi robusta yang serba kuat itulah yang jadi daya jual utama kopi ini di pasaran dunia.

Budidaya Kopi Robusta di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Indonesia berperan memasok 10%-20% peredaran kopi robusta di pasaran kopi global.

Salah satu daerah penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia adalah Lampung. Tidak hanya kualitas, Lampung juga merupakan penghasil kopi robusta dengan jumlah terbanyak di Indonesia. Selain Lampung, beberapa daerah di pulau Jawa, Bali, dan Sumatera juga berhasil menghasilkan kopi robusta berkualitas prima.

Ada beberapa alasan mengapa Indonesia cocok jadi area budidaya kopi robusta. Alasan pertama adalah iklim Indonesia sesuai dengan kebutuhan tanaman kopi robusta.

Alasan kedua adalah perawatannya tidak sulit, tahan serangan hama dan penyakit, tapi punya produktivitas tinggi. Karakter kopi robusta ini tentu saja menarik di mata petani milenial. Terlebih lagi kebutuhan dan harga jualnya cenderung stabil dalam jangka panjang.

Danu Santoso

Saya adalah orang yang tertarik dengan dunia tulis dan foto. Saya memiliki pengalaman yang cukup di kedua bidang tersebut. Saya terbiasa mengerjakan berbagai jenis artikel dan caption media sosial. Beberapa contohnya adalah tema agrobisnis, wirausaha, horor, travelling, ekonomi, dan lain-lain.

Sebelumnya

Fungsi pH Meter dan Jenis-jenisnya

Fungsi EC Meter dan Cara Menggunakannya

Berikut