10 Jenis Tanaman Variegata Paling Hits

Jenis tanaman variegata ada bermacam-macam, hal ini karena variegata adalah kondisi pada tanaman dan bukan spesifik mengacu pada genus atau ordo tanaman tertentu. Buat kamu yang suka mengoleksi tanaman eksotis, tumbuhan yang mengalami kondisi ini cocok banget untuk menambah koleksi kamu. Yuk kita baca 10 jenis tanaman variegata paling keren.

Tentang Berbagai Jenis Tanaman Variegata

Perbedaan warna pada variegata biasanya terletak berdampingan pada satu bagian tubuh tanaman dengan tampilan belang atau memiliki bercak warna tertentu. Warna yang umum pada jenis tanaman variegata adalah kuning, putih, merah muda dengan corak tertentu. Ada yang coraknya beraturan, ada juga yang tidak. Variegata bahkan bisa terjadi pada seluruh bagian daun, sehingga membuat tampilan warnanya hanya kuning, putih, atau merah muda.

Mengapa Tanaman Menjadi Variegata?

Penyebab variegata adalah mutasi genetik pada sel-sel tanaman yang bisa terjadi secara alami maupun buatan. Namun, mutasi yang terjadi secara alami sangat langka, perbandingannya sekitar 1:1000000. Karena harga jenis tanaman variegata cukup tinggi, banyak orang yang mencoba membuat mutasi pada tanaman supaya menjadi variegata.

Mutasi yang menyebabkan variegata merupakan perubahan sebagian kecil dari gen warna pada sel titik tumbuh tanaman yang terus membelah dan berkembang. Sel-sel yang normal juga mengalami perkembangan. Keduanya berkembang bersama membentuk organ, misalnya daun.

Pada pertumbuhannya, warna variegata tidak selalu bisa berkembang dengan baik dan bisa kembali ke warna semula, yaitu hijau. Dua kemungkinan yang menyebabkannya adalah sel variegata mempunyai sifat mutasi tidak permanen, atau sel variegata itu lemah. Sifat lemah dari sel variegata itu bisa menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit atau tidak bisa bersaing dengan sel normal dalam menyerap makanan. Pada akhirnya, sel tidak bisa berkembang dan mati.

Jenis Tanaman Variegata

Variegata merupakan bagian dari tanaman yang memiliki perbedaan warna dengan warna aslinya. Letak perbedaan tersebut biasanya berdampingan pada satu bagian tubuh tanaman. Lalu tanaman apa saja yang mungkin akan mengalami kondisi variegata ini?

1. Jenis Tanaman Variegata Monstera

Monstera memiliki daun yang unik. Bagian pinggirnya seperti robek dan bolong. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan hutan-hutan tropis di Benua Amerika.

Jenis Tanaman Variegata monstera

Beberapa jenis Monstera, antara lain Monstera adansonii, Monstera deliciosa, Monstera dubia, Monstera alticola, dan Monstera coloradensis. Namun yang paling terkenal sebagai tanaman hias adalah Monstera deliciosa.

2. Jenis Tanaman Variegata Sansevieria

Sansevieria atau lidah mertua memiliki daun keras, tegak, dengan ujung meruncing. Tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Ada dua jenis Sansiviera.

Jenis Tanaman Variegata Sansevieria

Pertama, jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 cm. Kedua, jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm. Warna daunnya beragam, ada hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan kombinasi putih kuning atau hijau kuning.

3. Aglaonema

Aglaonema memiliki bentuk, corak, dan warna daun yang indah. Tanaman ini berasal dari Asia seperti Cina bagian selatan dan negara-negara Asia Tenggara. Aglaonema membutuhkan pencahayaan redup dan kurang tahan dengan sinar matahari yang terlalu kuat. Kelembapan ideal untuk pertumbuhan aglaonema adalah sekitar 50%-60% dan memerlukan sirkulasi udara yang baik.

4. Calathea

Calathea memiliki ciri khas berdaun besar dengan bentuk lonjong, namun ada juga yang daunnya berbentuk kipas. Terdapat garis-garis khas di daunnya, yang tampak seperti dilukis tangan dengan motif pakaian.

Jenis Tanaman Variegata Calathea

Tanaman ini berasal dari wilayah tropis Amerika, dan memiliki hampir 100 spesies. Beberapa jenis Calathea yang menjadi tanaman hias, antara lain Calathea makoyana, Calathea lancetolistna, Calathea picturata, Calathea tabby, dan Calathea zebrine.

5. Philodendron

Philodendron saat ini tengah banyak mendapatkan minat dari banyak orang. Beberapa jenis Philodendron, salah satunya Philodendron epipremnum aureum yang kita kenal dengan nama sirih gading kuning gantung.

Jenis Tanaman Variegata Philodendron

Selain itu, ada jenis Philodendron imperial red cardinal yang pernah berharga sangat mahal. Ada juga jenis Philodendron selloum dengan bentuk daun seperti jari-jari manusia.

6. Pothos

Selain berbagai tanaman hias di atas, Pothos atau sirih gading juga banyak diminati oleh banyak orang. Daun tanaman ini berukuran kecil dengan pangkal daun berbentuk bundar dan salah satu ujungnya runcing. Warna daunnya hijau dengan semburat kuning hingga putih kekuningan. Batangnya sangat ramping, tidak kaku, dan bisa tumbuh hingga 20 meter. Beberapa jenis Pothos, antara lain golden pothos, jessenia pothos, neon pothos, dan white pothos.

7. Ivy English

Tanaman yang sering disebut daun Ivy ini tumbuh menjulur atau merambat dan bisa ditanam di dalam pot atau tanah langsung, sehingga menjadi penghias pagar rumah. Tanaman cantik ini sudah cukup lama pecinta tanaman hias gunakan sebagai dekorasi alami.

Jika tumbuhnya horizontal, Ivy bisa menyebar dengan lebar 15 kaki dan tinggi 8 inci. Jika kita tanam secara vertikal, Ivy bisa tumbuh hingga lebih dari 50 kaki. Kondisi yang tanaman ini sukai adalah kondisi lembap dan suhu yang konsisten untuk menjaga warna gelap dan kehijauannya. Supaya tampilannya tetap menarik, pangkas daun tanaman secara teratur dengan cara memotong bagian yang sudah terlalu panjang. Tanaman ini tidak memerlukan pencahayaan khusus, dan bisa berkembang dalam cahaya terang maupun redup.

8. Dieffenbachia

Keindahan Dieffenbachia berasal dari bentuk tajuk dan warna daunnya yang bervariasi, yaitu hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning. Tanaman ini bisa hidup dalam ruangan, namun membutuhkan ruang terbuka selama waktu tertentu. Bila kita letakkan di dalam ruang, warna daunnya cenderung gelap, namun akan lebih terang jika berada di bawah sinar matahari. Daunnya begitu lebar, berwarna hijau dengan motif corak putih-putih.

Menurut Oxford plant 400 Hundred, getah Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat yang beracun terutama bila tertelan atau terkena mata. Namun hal ini tidak perlu terlalu kita khawatirkan karena mayoritas orang yang keracunan Dieffenbachia mendapatkan gejala ringan. Pengobatan yang perlu segera anda lakukan adalah membilas bagian yang terkena getah, minum air putih atau susu untuk menetralisir racun.

9. Schefflera

Tanaman ini memiliki daun cukup tebal dengan warna hijau dan putih kekuning-kuningan. Pangkal daunnya berbentuk seperti jari dan berjumlah 9. Bagian daunnya yang mirip dengan daun singkong memiliki fungsi untuk menyaring udara di dalam ruangan, terutama dari polusi yang terjadi karena asap rokok.

schefflera

Perawatan tanaman ini tidak sulit, karena bisa tumbuh dalam kondisi minim air. Penyiraman tanaman bisa kita lakukan 2 kali sehari. Supaya tampilannya menarik, batang jamak dari tanaman ini bisa anda potong secara rutin.

10. Ficus Elastica

Ficus Elastica dikenal dengan nama karet merah atau karet kebo dan berasal dari Asia, seperti India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, dan Indonesia. Kabarnya, tanaman ini spesies pertama yang ditanam untuk perkebunan di tahun 1890. Namun kurang berhasil dan penghasil karet bergeser ke tanaman karet jenis lain.

Tinggi batang tanaman ini bisa mencapai 25-30 meter dengan diameter mencapai 2 meter. Panjang daun sekitar 10-35 cm dan lebarnya 5-15 cm. Pada tanaman karet merah yang masih muda, panjang daunnya bahkan bisa mencapai 45 cm.

Kesimpulan

Ada cukup banyak jenis tanaman hias variegata yang bisa kamu koleksi, antara lain Monstera, Sansiviera, Aglaonema, Calathea, Philodendron, Pothos, Ivy English, Dieffenbachia, Schefflera, dan Ficus elastica. Tanaman hias tersebut memiliki corak daun yang indah sehingga banyak orang khususnya kolektor tanaman hias mencarinya.

Ana Zuhriatun Nisa
Seorang lulusan Pendidikan Kimia Universitas Lampung yang memiliki hobi menulis sejak SMA. Selain menjadi guru, saya juga menekuni dunia pembuatan konten sejak 2017.
Sebelumnya

Tanaman Variegata, Trend Mutasi Tumbuhan yang Bernilai Tinggi

Kenali Bahan Pakan Ayam Petelur Terbaik untuk Hasilkan Telur Berkualitas

Berikut