Jenis Jambu Air Paling Unggul dan Manis di Indonesia

Jambu air menjadi salah satu buah yang sangat popular di Indonesia. Kamu bisa menemukan buah satu ini dengan mudah. Terlebih buat yang tinggal di Indonesia, hampir semua perkarangan rumah memiliki buah segar satu ini. Tapi ternyata jambu air ini memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda lho. Sudahkah kamu mengetahui jenis-jenis jambu air ini?

Buat kamu yang belum tahu jenis-jenis jambu air, kamu berada di artikel yang tepat karena di sini akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis jambu air. Tapi sebelum membahas jenis jambu air lebih lanjut, yuk mengenal buah jambu air ini lebih dalam di bawah ini:

Mengenal Buah Jambu Air

Jambu air merupakan jenis buah-buahan yang masuk ke dalam keluarga jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Buah ini memiliki rasa yang masam hingga manis ketika sudah matang. Seperti namanya, buah satu ini mengandung banyak air dan sangat cocok jika kamu gunakan untuk rujak ataupun petis. Campuran antara bumbu rujak yang pedas dan asin dengan jambu air yang manis-masam membuatnya menjadi sangat lezat.

Jambu air mulai berbuah ketika telah berusia 3 hingga 4 tahun. Dalam satu tahun, jambu air dapat berbuah hingga 1 sampai 3 kali, tergantung bagaimana iklim dan kondisi lingkungan pada saat itu. Biasanya musim mempengaruhi kualitas buah jambu air ini, seperti saat musim hujan buah akan lebih banyak mengandung air sehingga rasanya kurang manis, sedangkan saat musim kemarau buah lebih sedikit mengandung air sehingga lebih terasa manis.

Nilai Ekonomi Jambu Air

Buat kamu yang tertarik membudidayakan buah jambu air, jambu air ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Karena merupakan buah khas Asia Tenggara, kamu akan dengan mudah menanam jambu air di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan bibit jambu air di penjual bibit buah atau bisa menggunakan metode cangkok pada pohon jambu. Bahkan, ada beberapa jenis jambu air yang dapat kita tanam dengan mudah melalui bijinya.

Untuk menjualnya, kamu dapat dengan mudah menjual jambu air ini. Kamu bisa menjualnya di pasar, minimarket, ataupun langsung kepada penjual rujak. Permintaan akan jambu air semakin hari juga semakin tinggi karena tampilannya yang cantik ini, jambu air dapat dijadikan sebagai buah meja. Selain pasar dalam negeri, kamu juga dapat menjangkau pasar luar negeri dengan cara ekspor. Pilihlah jambu air dengan kualitas terbaik dan kamu dapat menyalurkannya ke agen untuk kemudian diekspor ke luar negeri. Dengan kesempatan ekspor ini pastinya pendapatan yang akan petani peroleh jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan hanya penjualan lokal saja.

10 Jenis Buah Jambu Air

Buat kamu salah satu pecinta jambu air, pasti sudah melihat berbagai jenis buah satu ini. Setidaknya ada 10 jenis jambu air yang dapat kita temukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Apa saja jenis-jenis jambu air ini? Berikut penjelasannya:

Jambu Madu Super Green

Jenis jambu air pertama yang akan kami bahas di sini adalah jambu madu super green. Jambu super madu green merupakan jambu air dengan kualitas terbaik. Jambu air ini memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan bisa mencapai ukuran minuman gelas kemasan. Dengan ukuran sebesar ini, 1 (satu) kilogram jambu madu super green hanya berisi 4 buah. Untuk rasa, kamu tidak perlu meragukan rasa jambu madu super green ini karena rasa manis buah yang satu ini tersebar di seluruh bagian buah.

Kelebihan dari jambu ini memiliki ukuran buah yang cukup besar dibandingkan ukuran jambu lainnya. Pada usia 1-2 tahun sejak penanaman jambu super green akan mulai  berbuah. Buah dari pohon jambu super green besar-besar meski hasilnya tidak sebanyak jambu madu deli hijau. Namun karena ukuran pohonnya lumayan lebih besar, pohon jambunya pun bisa menghasilkan buah yang cukup banyak.

Jambu Bol

Jambu bol memiliki ukuran buah yang cukup besar. Saking besarnya bisa mencapai ukuran genggaman tangan orang dewasa. Jambu ini disebut sebagai jambu bol karena di dalamnya terdapat biji berukuran besar. Jambu ini sangat enak karena memiliki daging yang besar . Harga jambu ini juga masih terjangkau yaitu mulai dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram. Dengan rasa yang sangat enak ini, kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan buah untuk rujak.

Jambu boll merupakan jenis jambu yang banyak dicari oleh masyarakat. Apalagi jambu air ini begitu banyak peminatnya. Rasa buah yang lembut dan manis membuat jambu ini banyak penggemarnya. Teksturnya yang padat membuat jambu air ini berbeda daripada jenis jambu lainnya. Jambu boll ini memiliki tangkai yang pendek antara 1 hingga 1,5 cm. Warna daunnya berwarna kemerahan.

Jambu King Rose

Selain jambu madu super green dan jambu bol, jam king rose juga menjadi salah satu jambu yang memiliki ukuran besar. Satu buah jambu king rose memiliki berat 250-300 gram. Dengan warna merah legam seperti bunga mawar, buah jambu jenis ini memang tampak seperti bunga mawar. Selain memiliki rasa yang lezat, jambu king rose juga tidak berbiji, jadi mudah buat kamu untuk mengkonsumsinya.

Nama latin jambu ini adalah eguena aqueum, jambu air ini mempunyai kulit yang tebal dan tidak berbiji. Budidaya dari jambu air ini sangatlah mudah dan bisa anda jadikan media tanam disekitar anda.

Jambu Madu Kesuma Merah

Kamu sedang mencari buah jambu yang memiliki daging tebal? Mungkin buah jambu madu kesuma merah bisa menjadi pilihan. Buah jambu madu kesuma merah memang terkenal dengan ukuran daging buahnya yang besar. Bahkan karena ketebalan daging buahnya ini, sampai tidak ada tempat untuk biji yang biasanya ada di bagian tengah buah. Namun dengan ketebalan buah jambu satu ini, kamu akan kesulitan untuk memecahnya menjadi dua ketika ingin mengkonsumsinya.

Jambu air Kesuma merah memiliki rasa yang sangat enak. Mempunyai warna merah yang sangat mencolok menjadi salah satu jenis jambu unggulan. Ketebalan bijinya sampai tidak nampak jika kita lihat sekilas.

Jambu Air Citra

Selain jambu madu Kesuma merah ada juga jambu air citra yang mempunyai bentuk tekstur daging yang lembut. Buah jambu air citra menjadi jenis jambu air yang unggulan karena kualitasnya. Buah satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan rasa yang manis. Menariknya, buat kamu yang ingin menanam jambu air citra ini, kamu tidak perlu menunggu lama untuk memanennya. Hal ini karena dalam setahun buah jambu air citra dapat dipanen hingga 3 kali.

Jambu ini bisa dibilang sangat manis dan bisa berbuah sampai tiga kali. Keunggulannya sebenarnya terletak dalam pembudidayaan jambunya karena jambu ini tergolong mudah budidayanya.

Jambu Air Bajang Leang

Jambu air bajang leang menjadi jenis jambu air yang mudah untuk ditemukan. Memiliki ukuran yang cukup besar, jambu air bajang leang memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada jenis jambu air lainnya.

Jambu ini merupakan varietas Thailand yang paling terkenal di Indonesia. Hal ini karena jambu air ini sangat besar dan berbeda dari jambu air lainnya. Jambu bajang leang sendiri bisa anda tanam di halaman rumah yang memiliki lahan yang sempit. Selain itu, anda juga harus memperhatikan perawatan dari jambu bajang leang ini.

Jambu Air Delima

Jambu air yang berasal dari Kabupaten Demak ini memiliki ciri khas renyah saat digigit. Sama seperti jambu air bajang leang, jambu air delima juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Untuk rasa, jambu air delima memiliki rasa yang sangat lezat dan bikin nagih.

Penghasil utama buah jambu air delima ini terletak di Demak Jawa tengah. Dimana di kabupaten ini jambu delima dibudidayakan secara banyak. Jambu air delima ini masuk dalam keluarga myreteceae atau jambu jambuan. Buah jambu air ini berasal dari bagian India selatan dan Malaysia timur.

Jambu Air Camplong

Jenis jambu air camplong merupakan jambu air yang berasal dari Jawa Timur dan didominasi oleh warna putih. Daging jambu air ini besar dan tidak memiliki biji di bagian dalamnya. Bersifat musiman, buah jambu air satu ini biasanya akan berbuah dan dapat dipanen pada bulan Juli hingga Agustus.

Jambu Air Cincalo Merah

Bukan hanya jambu air Camplong saja yang berdaging tebal akan tetapi jambu air cincalo merah juga memiliki tekstur yang lembut dan rasany manis. Keunikan jambu ini adalah bentuknya yang mirip dengan lonceng dan berwarna merah.

Memiliki ukuran yang besar dan padat, jambu air cincalo menjadi salah satu jenis jambu unggulan. Tidak hanya memiliki rasa manis dan segar.

Jambu Madu Deli Hijau

Berbeda dengan sebagian jambu air yang berwarna merah ketika matang, jambu madu deli hijau ini memiliki warna hijau. Meskipun tidak merah, untuk urusan rasa jambu air satu ini memiliki rasa yang tak kalah manis dengan jambu air merah. Dengan ukuran yang kecil, jambu madu deli hijau ini dapat berbuah lebih cepat jika kita bandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

Di antara jambu air lainnya jambu madu Deli hijau merupakan jambu yang paling manis dan menyegarkan. Keunggulan jambu madu Deli hijau ini adalah tidak memiliki biji dan bentuknya jauh lebih lonjong. Pohon jambu Deli hijau ini dapat menghasilkan buah yang banyak dari setiap pohonnya.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai jenis-jenis jambu air dan nilai jualnya. Kamu dapat menjadikan jambu air ini untuk dibudidayakan. Karena merupakan buah khas Asia Tenggara, jambu air pastinya tidak akan sulit untuk ditanam. Dari 10 jenis jambu air di atas, mana nih yang akan kamu budidayakan?

Desi Murniati

Penulis konten yang saat ini bercita-cita hidup di alam seperti Liziqi. Entah besok.

Sebelumnya

Monstera borsigiana, Kembaran deliciosa Berukuran Kecil

3 Prinsip Petani Sukses 2021 Agar Dapat Keuntungan Jangka Panjang

Berikut