Fungsi TDS Meter dan Fitur Lengkapnya

TDS meter merupakan kepanjangan dari Total Disolved Solids atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Total Padatan Terlarut. Jika kita lihat dari hal itu, dapat kita simpulkan bahwa TDS merupakan alat yang peruntukannya adalah total padatan atau partikel yang terlarut di dalam air.

Jika kita lihat dari kegunaannya, maka muncul fungsi TDS Meter yang bisa kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.

Beberapa Fungsi TDS Meter

Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya, TDS Meter memiliki fungsi untuk mengukur total partikel yang sudah terlarut dalam air minum. Selain itu, TDS meter juga berfungsi sebagai alat yang berguna untuk mengukur larutan nutrisi tanaman hidroponik.

1.  Mengukur Larutan Nutrisi Tanaman Hidroponik

TDS Meter sangat penting untuk digunakan dalam kesuksesan tanaman hidroponik. Sebab, ukuran nutrisi yang ada dalam tanaman hidroponik memiliki sifat mutlak serta penting untuk dijaga dengan baik.

Jika kamu tidak melakukan pengukuran larutan, maka tanaman hidroponik itu akan mengalami kekurangan maupun kelebihan nutrisi. Hal ini tentu tidak baik, karena akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman.

Pada umumnya, TDS Meter  menggunakan satuan ppm atau part per million. Nilai ppm yang tercantum dalam TDS meter menjelaskan nilai kandungan nutrisi dalam larutan air.  Angka pada TDS bisa menjadi rujukan  untuk menentukan kebutuhan nutrisi setiap tanaman, yang pastinya akan berbeda pada setiap jenis tanaman.

Seperti contoh, tanaman anggrek memiliki kebutuhan nutrisi rendah dengan nilai ppm sekitar 300-400 ppm. Sementara untuk jenis sayuran buah (tomat, cabai, dan lainnya) memiliki nilai sekitar 1.500 - 2.000 PP. Lalu, untuk jenis tanaman sayuran daun berkissr antara 900-1200 ppm.

2.  Mengukur Total Partikel yang Sudah Larut dalam Air Minum

Seperti halnya dengan nutrisi pada tanaman, penggunaan TDS pada air minum umumnya adalah untuk melihat banyaknya partikel yang terlarut pada air. Partikel itu bisa berupa partikel padatan seperti, kandungan logam besi, aluminium, tembaga, mangan, dan banyak lagi. Sementara untuk partikel cair atau non padatan berupa mikro organisme, serta lainnya.

Agar bisa mengukur total partikel yang terlarut di dalam air, kamu bisa menggunakan TDS Meter yang bisa kamu beli di berbagai online shop atau toko khusus pertanian.

Saat kamu menggunakan TDS Meter, maka akan terlihat jumlah padatan yang terlarut dalam air dalam satuan ppm (mg/L), kamu bisa melihatnya langsung dalam angka digital yang terdapat di bagian display-nya.

Untuk pembagian kategori air menurut total zat padat yang ada di dalam TDS meter ialah sebagai berikut.

  • >100 ppm artinya air minum memiliki kandungan mineral
  • 10-100 ppm artinya air minum
  • 1-10 ppm artinya air murni
  • 0 ppm artinya air organic

Fitur yang Dimiliki TDS Meter

  • On-Off, memiliki fungsi untuk menghidupkan dan mematikan fungsi kerja dari TDS meter.
  • Fitur Hold, memiliki fungsi untuk menyimpan hasil pengukuran agar tidak berubah atau konstan.
  • Fungsi Tempat, memiliki fungsi untuk mengukur temperatur suhu air.

Hal yang perlu dihindari dalam penggunaan TS meter

Agar TDS meter tidak cepat rusak, maka kamu perlu menghindari beberapa jenis air yang bisa menjadi penyebab rusaknya TDS Meter. Jenis air tersebut sebagai berikut :

  • air panas dengan suhu tinggi,
  • jenis air es dengan suhu paling dingin,
  • air laut atau air garam yang bisa menyebabkan error pada hasil pengukurannya,
  • serta air accu dan alkohol yang tidak masuk dalam pengukuran TDS meter.

Itulah beberapa informasi terkait fungsi TDS meter beserta fitur menarik yang terdapat di dalam alat tersebut. Jadi, jika kamu ingin mengukur kandungan nutrisi dalam tanaman hidroponik serta mengukur zat yang terlarut di dalam air minum, maka bisa gunakan TDS meter agar hasilnya lebih maksimal.

Yuliawanti Dewi
Yuliawanti Dewi merupakan mahasiswi tingkat akhir prodi ekonomi syariah. Aktif di dunia kepenulisan sejak tahun 2011 dan mulai mempelajari penulisan artikel pada tahun 2017. jika ingin berkenalan lebih lanjut bisa hubungi IG: @daisyfuu_
Sebelumnya

Ketahui Lebih Jauh tentang Monstera deliciosa Yuk

Monstera Variegata, Tanaman Unik yang Jadi Primadona

Berikut