Fungsi pH Meter dan Jenis-jenisnya

Di artikel ini Tanigo akan menjelaskan tentang fungsi pH Meter dalam industru pertanian. pH merupakan derajat keasaman yang penggunaannya adalah untuk menyatakan tingkat keasaman suatu larutan. Pengukurannya biasanya memiliki skala dari 0 sampai 14. Konsep pH sendiri pertama kali diperkenalkan oleh kimiawan asal Denmark, pada tahun 1909. Istilah pH berasal dari ‘p’ yang merupakan simbol matematika algoritma negatif, serta ‘H’ yang merupakan simbol kimia hidrogen.

Dulu, indikasi pH dapat kita peroleh dengan menggunakan kertas pH. Namun, indikator ini memiliki keterbatasan pada akurasi serta sulit untuk menafsirkan dengan benar dalam sampel berwarna atau keruh.

Hal itu kini tidak perlu kita khawatirkan lagi karena seiring berkembangnya zaman, terdapat alat yang bisa memudahkan pekerjaan manusia di bidang ini, yaitu pH meter. Alat ini kita ketahui bisa mengukur nilai pH secara akurat.

Biar mengetahui lebih dalam terkait PH meter, kamu bisa mengetahui ulasannya di bawah ini.

Apa Itu pH Meter?

pH meter merupakan suatu alat ukur yang penggunaannya adalah untuk mengukur pH atau derajat keasaman yang ada di dalam cairan atau larutan. Perlu kamu ketahui, pH memiliki sebuah elektrode atau probe pengukuran yang bisa langsung terhubung ke alat elektronik pH meter. Kemudian, alat ini akan melakukan proses pengukuran serta menampilkan nilai pH secara akurat.

Biasanya, PH meter sering digunakan oleh banyak industri air minum, pewarna, pakaian dan seluruh laboratorium besar.

Apa Saja Kegunaannya?

Berbeda dengan TDS Meter, alat ukur pH Meter lebih banyak penggunaannya di berbagai variasi industri. Agar bisa mendapatkan hasil akurat, alat pH meter harus mendapatkan kalibrasi dahulu sebelum dan sesudah menggunakannya.

Untuk kalibrasi sendiri, setidaknya perlu menggunakan dua macam cairan buffer standard solution, sesuai dengan nilai pH yang akan diukur.

Alat PH meter memiliki tiga kontrol utama, pertama, kalibrasi berfungsi untuk mengatur pembacaan meter agar presisi dengan nilai standard buffer. Kedua ada slope yang berfungsi untuk menyeter pembacaan biar sama dengan buffer kedua. Serta terakhir merupakan pengontrol yang berfungsi untuk mengatur suhu.

Jenis pH Meter yang Bisa kamu Ketahui

1. Air

PH meter air ini berfungsi untuk mengukur pH yang terdapat pada air atau larutan. Alat ini memiliki dua jenis lagi, yaitu PH meter kantong dan PH meter laboratorium. Walaupun memiliki fungsi sama, tetapi keduanya tentu saja berbeda, apalagi saat memberikan nilai pH.

Untuk PH meter kantong, biasanya dapat dibawa ke mana-mana, sehingga pengukuran pH dalam air menjadi lebih mudah. Akurasi pengukurannya tentu tidak setinggi pH meter yang ada pada laboratorium, karena tingkat stabil serta keakuratan alat itu sendiri.

Dalam pH meter kantong atau portabel, yang dapat kita ukur hanyalah nilai PH-nya saja. Sedangkan, pH meter laboratorium memiliki fungsi untuk mengatur suhu serta konduktivitas. Terkadang. PH meter ini perlu mendapatkan kalibrasi agar pembacaan hasil pengukuran tetap akurat.

2. Tanah

PH meter tanah berfungsi untuk mengetahui dan mengukur kadar pH yang ada di dalam tanah dalam kedalaman tertentu. Selain itu, alat ukur ini pun bisa membaca kadar sinar matahari serta kelembaban tanah.

Bahkan, pH meter tanah banyak petani menggunakannya untuk mengetahui kadar nitrogen, fosfor, serta kalium yang tersimpan di dalam tanah. Untuk menggunakan alat ukur ini mudah sekali, kamu hanya perlu menancapkan pH meter ke dalam tanah dan pegang di bagian atasnya. Lalu, tunggu selama beberapa menit, hingga muncul angka dari hasil pengukuran tersebut.

Nah, itulah beberapa fungsi pH meter beserta jenisnya yang bisa kamu ketahui. Dengan adanya alat ini, tentu aktivitas untuk mengukur pada air dan tanah bisa lebih baik dan akurat.

Yuliawanti Dewi
Yuliawanti Dewi merupakan mahasiswi tingkat akhir prodi ekonomi syariah. Aktif di dunia kepenulisan sejak tahun 2011 dan mulai mempelajari penulisan artikel pada tahun 2017. jika ingin berkenalan lebih lanjut bisa hubungi IG: @daisyfuu_
Sebelumnya

3 Prinsip Petani Sukses 2021 Agar Dapat Keuntungan Jangka Panjang

Keunggulan dan Karakter Kopi Robusta di Mata Petani dan Peminum Kopi

Berikut