Daun Mimba dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan

Daun Mimba – Daun dari pohon perdu ini bukanlah pohon asli yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Awalnya Mimba merupakan tanaman yang ditemukan pertama kali di daerah Madhya Pradesh, India. Setelah penemuannya, pohon jenis ini kemudian tersebar ke seluruh wilayah Asia, Indonesia adalah salah satunya.

Di Indonesia, Mimba diperkirakan masuk dan berkembang sejak tahun 1.500-an, dengan pusat tumbuh di daerah Jawa dan pedalaman sekitarnya. Saat ini, tanaman Mimba masih bisa kita temukan dengan mudah, baik di hutan ataupun di pinggiran jalan. Pulau Jawa yang kita ketahui terdapat tanaman ini adalah Jawa Timur, Jawa Barat dan Madura.

Ternyata pohon mimba (Azadirachta indica A. Juss.) memiliki manfaat yang besar, tidak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk kesuburan tanaman. Untuk Anda yang ingin memanfaatkan tanaman mimba untuk obat herbal, berikut adalah informasi singkat yang bisa Anda gunakan.

Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan

Bagian yang bisa anda manfaatkan dari tanaman ini adalah bagian daun, sebab pada daun mimba terdapat berbagai kandungan zat yang memiliki manfaat, terutama jika kita olah dengan benar. Selain itu, biji mimba juga bisa anda gunakan untuk pupuk pertanian alami yang bisa membuat tanaman menjadi makin subur.

daun mimba neem untuk kesehatan

Meski demikian, riset terkait dengan tanaman ini sebagai obat alternatif kesehatan masih belum familiar. Akan tetapi, sudah ada penelitian dan klaim nyata mengenai manfaat daun ini, diantaranya adalah:

Menjaga Kesehatan Gigi

Daun ini juga ternyata memiliki kandungan khusus yang bisa membantu Anda mencegah penyakit pada gusi dan gigi. Jika ingin menggunakannya, anda bisa merebus dan menggunakannya untuk berkumur.

Menurut penelitian, daun pada pohon mimba memiliki kandungan yag sama dengan bahan kimia yang bisa mencegah gusi terluka. Selain manfaatnya yang sama, daun ini juga lebih ekonomis dan mudah untuk anda dapatkan jika kita bandingkan dengan obat kimia.

Selain menjaga kesehatan gigi dan gusi, ia bisa anda gunakan sebagai obat kumur agar mulut tetap bersih serta mencegah penumpukan plak. Jika Anda mengunyah permen karet yang memiliki kandungan daun mimba, ia bisa mengurangi perkembangan bakteri dan penyakit periodontal.

Mengobati Tukak Lambung

Tukang lambung yang belum terlalu parah bisa Anda obat menggunakan daun mimba, sebab ekstrak pada tanaman ini ternyata bisa menghambat proses sekresi pada asam lambung. Apalagi jika anda konsumsi secara rutin, maka tukak lambung yang belum terlalu parah bisa anda cegah.

daun pohon mimba

Untuk mengobati tukak lambung, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara langsung karena hasilnya akan kurang maksimal. Sebaiknya anda mengkonsumsi daun mimba yang sudah berbentuk ekstrak, sehingga penyerapannya ke tubuh dapat lebih baik.

Mencegah Kanker

Kanker ternyata bisa dicegah jika Anda rajin mengkonsumsi daun dari pohon mimba. Cara mencegah kanker menggunakan daun mimba cukup sederhana, zat yang ada di dalamnya akan menghambat perkembangan tumor, kemudian meningkatkan sistem imun tubuh.

Sama seperti mencegah tukak lambung, ada baiknya anda mengkonsumsi ekstrak daun mimba alih-alih mengkonsumsinya langsung. Namun yang perlu anda ingat adalah daun mimba hanya memiliki efek untuk mencegah kanker, sampai sekarang belum ada penemuan klaim klinis untuk menyembuhkan atau menghilangkan kanker.

Mengusir Ketome dan Kutu Rambut

Jika sudah menjadi minyak, daun mimba akan membantu Anda mengurangi kutu yang terdapat pada rambut dan hama lainnya. Caranya dengan menggunakan minyak tersebut untuk keramas scara rutin selama 1-2 minggu. Dalam rentang waktu tersebut, maka kutu rambut besar kemungkinan akan mati dan pergi.

Daun pada pohon mimba juga bisa untuk mengusir ketombe, sebab kandungan minyaknya memiliki efek anti peradangan dan mikroba. Sama seperti menggunakannya untuk mengusir kutu rambut, Sebaiknya anda melakukan keramas secara rutin menggunakan daun ini selama kurun waktu tertentu.

Manfaat Daun Mimba untuk Pupuk Organik

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, Anda juga bisa menggunakan daun mimba sebagai pestisida alamai yang tidak merusak linngkungan. Untuk membuat pupuk organik, Anda juga memerlukan bijinya sebab unsur hara yang terkandung di dalamnya cukup tinggi.

pohon mimba

Menariknya di dalam biji mimba terdapat kandungan nitrogen urea yang cukup tinggi, fosfor, kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman. Apabila kita bandingkan dengan pupuk kimia, kandungan unsur hara tersebut memang rendah, namun biji tanaman ini bisa memperbaiki struktur tanah yang rusak. Fungsi yang tidak bisa Anda dapatkan dengan menggunakan pupuk kimia.

Untuk membuat pupuk tersebut, Anda cukup menumbuknya. Setelah menjadi halus, Anda bisa langsung menggunakan pupuk tersebut untuk mengendalikan hama tanaman.

Daun dan Biji Mimba Sebagai Pestisida Alami

Pestisida umumnya menggunakan bahan kimia yang bisa langsung membuat hama mati. Meski demikian, pestisida yang penggunaannya secara terus menerus akan membuat lahan menjadi rusak dan kualitas hasil panen rendah karena terpapar oleh pestisida. Solusinya adalah dengan menggunakan pestisida alami yang terbuat dari daun dan biji pohon mimba.

biji pohon mimba

Ada alasan mengapa menggunakan biji dan daun pada tanaman ini, sebab kandungan dua bagian pohon tersebut adalah azadirachtin yang memiliki rasa pahit. Rasa pahit ini jika terkena tanaman akan membuat hama pergi dan berperan aktif sebagai zat pestisida alami.

Cara bekerja zat aktif tersebut juga mirip dengan pestisida kimia, yang mana ia memodifikasi nafsu makan hama tanaman. Setelah mengkonsumsi tanaman yang terkena semprotan daun dan biji mimba, maka hama dan serangga makin lama tidak akan aktif lagi dan berakhir mati.

Jangan khawatir dengan serangga yang memiliki fungsi penyerbukan bunga, seperti lebah dan kumbang. Kedua hewan tersebut tidak akan terpengaruh dengan zat aktif yang terdapat dalam bagian pohon mimba tersebut. Zat ini hanya aktif pada serangga dan hama yang memakan daun-daunan.

Untuk membuat pestisida alami, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, yakni:

  1. Siapkan biji dan daun mimba, kemudian tumbuk halus kedua bahan tersebut sampai halus.
  2. Bungkus dengan kain tumbukan yang sudah halus, kemudian rendam dalam air. Tunggu sampai satu hari semalam agar zat aktif biji mimba meresap ke dalam air.
  3. Saring air tersebut, agar ekstrak yang ada bisa benar-benar tercampur, kemudian tambahkan satu liter air lagi.
  4. Tambahkan 1-3 ml sabun, kemudian aduk merata air tersebut.
  5. Air sudah siap disemprotkan pada tanaman yang terhadap hama.

Kesimpulan

Semoga informasi mengenai daun dan biji dari pohon mimba tersebut akan membantu Anda, terutama yang ingin memanfaatkan tanaman alam untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Daun mimba yang mungkin tidak banyak pemanfaatannya oleh masyarakat, kini bisa Anda gunakan secara maksimal untuk pertanian dan kesehatan.

Anna Luviya

Mahasiswa prodi Agronomi yang tertarik dengan budidaya tanaman secara alami.

Sebelumnya

Ini Dia 8 Tips Cara Ternak Lele untuk Pemula, Berani Coba?

Teknik Vertikultur Untuk Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Berikut