Cara Ternak Ayam Kampung untuk Pemula

Terdapat beberapa cara ternak ayam kampung yang perlu anda ketahui sebagai pemula. Bisnis ayam kampung menjanjikan, karena itu banyak peternak-peternak baru yang ingin terjun ke dalam bisnis ini. Sayangnya, tanpa panduan yang tepat, bisnis ayam kampung malah bisa jadi buntung.

Ketertarikan banyak orang untuk menjalankan ternak ayam kampung tidak bisa lepas dari permintaan pasar yang terus meningkat dan harga yang stabil. Selain itu, perawatan ayam kampung juga tidak terlampau sulit, minim biaya, dan bisa peternak pemula jalankan dalam skala kecil.

Sesuai namanya, ayam kampung cenderung hidup di area perkampungan dan peternak ayam jalankan perseorangan. Selain itu, budidaya ayam kampung juga lebih alami daripada ayam broiler yang memakai bahan-bahan kimia. Sehingga, konsumsi ayam kampung dianggap lebih sehat dan bergizi.

Karena peminatnya tidak pernah turun dan cenderung naik, harga ayam kampung juga terbilang stabil. Bagi peternak pemula, harga stabil berarti memudahkan memulai bisnis budidaya dalam skala lebih besar.

Tentang Budidaya Ayam Kampung

Sebelum membaca langkah demi langkah budidaya ayam kampung, ada beberapa pedoman awal yang harus anda ketahui sebagai calon peternak pemula.

tentang cara ternak ayam kampung

Jenis Ayam Kampung di Indonesia

Ada 7 jenis ayam kampung di Indonesia. Ketujuh jenis ayam kampung ada yang mudah kita temui di pasaran dan ada juga yang hanya dapat kita temukan di daerah tertentu. Ini dia daftarnya:

1. Ayam kampung.

Ciri fisik ayam kampung (Gallus gallus domesticus) adalah variasi warna bulu. Ada warna kuning, putih, hitam, kuning kemerahan, atau campuran semua warna tersebut. Ukuran fisik ayam kampung kecil dan geraknya lincah.

2. Ayam kedu

Ciri khas utama ayam kedu adalah warna hitam di sekujur tubuhnya. Sesuai namanya, ayam kedu ini mudah anda temukan di daerah Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Ayam kedu memiliki harga jual tinggi karena memiliki manfaat untuk kebutuhan supranatural.

3. Ayam nunukan

Di kalangan penggiat ternak unggas, ayam nunukan kadang juga banyak orang sebut sebagai ayam cina. Ayam nunukan mudah kita temukan di daerah Nunukan, Kalimantan. Ciri utama ayam nunukan adalah bulu di area ekor dan sayap tidak tumbuh sempurna.

4. Ayam arab

Ayam arab adalah ayam favorit untuk diternak. Produksi telur ayam betina bisa mencapai 250 telur per tahun. Ciri fisik ayam arab ada di warna bulunya yang hitam putih, ditambah dengan kombinasi titik-titik hitam di sekitar area punggung.

5. Ayam elba

Jenis ayam elba merupakan ayam favorit berikutnya untuk diternak. Ayam elba dapat anda temukan di desa Seropandan, Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah. Ayam ini bisa menghasilkan 80-85 telur per harinya.

6. Ayam KUB

Ayam KUB adalah ayam hasil pengembangan riset Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Keunggulan ayam KUB ada di produksi telur yang bisa mencapai 180 butir per tahun.

7. Ayam kampung yudistira

Jenis ayam kampung yudistira (AKY) adalah ayam hasil riset peternakan Yudistira Farm, Bogor. Ayam Yudistira menarik perhatian karena punya beberapa keunggulan penting, seperti konsumsi pakan rendah, bobot telur mencapai 55 gram, dan produksi telur mencapai 290 butir per tahun.

Kelebihan Ayam Kampung Dibanding Ayam Negeri (Broiler)

Ada perbedaan cukup mendasar antara ayam kampung dengan ayam broiler. Perbedaan ini membuat cara ternak ayam kampung berbeda dengan cara ternak ayam broiler.

Perbedaan pertama ada di harga jualnya. Ayam kampung cenderung lebih mahal daripada ayam broiler. Ada banyak faktor kenapa harga ayam kampung lebih mahal, salah satunya adalah waktu perawatan yang lebih lama.

Perbedaan kedua terletak di nutrisi yang masing-masing miliki. Ayam kampung lebih bernutrisi dan rendah lemak daripada ayam broiler. Bagi masyarakat, daging ayam kampung juga dipercaya lebih sehat karena tidak memiliki intervensi bahan kimia saat diternak.

Perbedaan ketiga ada pada telur yang dihasilkan. Telur ayam kampung punya kandungan lemak tak jenuh lebih banyak dari telur ayam broiler. Sehingga, telur ayam kampung lebih sehat untuk konsumsi.

Sistem Budidaya Ayam Kampung

Secara umum, cara ternak ayam kampung terbagi 3 jenis. Ketiga cara budidaya ini memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga perlu kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing peternak.

Sistem Umbaran

Sistem pertama adalah sistem umbaran. Pada dasarnya, sistem ini membiarkan ayam keluar dari kandang di pagi hari dan masuk kembali ke kandang saat sore. Umbaran adalah cara ternak ayam kampung yang paling mudah peternak ayam kampung pemula lakukan.

Sistem Semi Intensif

Sistem kedua adalah sistem semi intensif. Budidaya ayam kampung sistem semi intensif membutuhkan lahan khusus. Lahan ini dipagari sehingga gerak ayam terbatas di wilayah lahan saja. Ternak ayam kampung dengan sistem ini cocok bagi peternak yang memiliki lahan luas.

Sistem Intensif

Budidaya ayam kampung yang lebih professional adalah dengan sistem intensif. Alasannya karena lahan, bangunan, pakan, anak kandang, dan lainnya sudah peternak siapkan sejak awal. Sistem intensif dalam budidaya ayam kampung bisa dikatakan hampir sama dengan cara ternak ayam broiler pada umumnya.

Pakan Ayam Kampung

Salah satu pedoman penting saat menjalankan ternak ayam kampung adalah pakan. Ayam kampung membutuhkan pakan yang sifatnya alami dan cenderung minim bahan kimia.

Nah, berikut ini adalah beberapa pakan ayam kampung yang bersifat alami dan minim bahan kimia:

  1. Jagung giling
  2. Pelet
  3. Bekatul (dedak)
  4. Limbah gandum
  5. Sorgum

Kelima bahan tersebut mudah peternak dapatkan di pasaran dan jadi pakan favorit para peternak ayam kampung.

Penyakit Utama dan Cara Pengobatan Ayam Kampung

Ayam kampung tidak bisa lepas dari penyakit. Tapi jangan khawatir, beberapa penyakit utama ayam kampung bisa diatasi dengan pengobatan dan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyakit utama ayam kampung dan cara mengobatinya:

1. Penyakit tetelo.

Penyakit tetelo ayam kampung terhitung berbahaya karena tidak ada obatnya dan bisa menyebabkan kematian. Pencegahan penyakit tetelo adalah menjaga kebersihan area ternak, memberikan vaksinasi NCD, dan segera memusnahkan ayam yang sakit.

2. Penyakit gumboro

Gumboro menyerang sistem imun tubuh ayam kampung. Penyakit gumboro menyebabkan kematian pada ayam. Cara terhindar dari penyakit gumboro adalah vaksinasi. Masalah sanitasi kandang juga perlu peternak perhatikan agar terhindar dari penyakit ini.

3. Penyakit pilek

Penyakit pilek pada ayam kampung ditandai dengan keluarnya cairan kental dari rongga hidung, kelopak mata lengket, dan area muka membengkak. Untuk mengatasi penyakit ini, gunakan obat anti snot dan antibiotik. Kebersihan sanitasi kandang juga perlu anda perhatikan.

7 Tips Ternak Ayam Kampung Untuk Pemula

Cara ternak ayam kampung yang paling umum kita jumpai adalah ternak tradisional atau biasa kita kenal dengan sistem umbaran. Ternak sistem ini biasanya  peternak lakukan di rumah dengan perawatan sekedarnya.

Cara ternak ayam kampung tradisional umumnya membiarkan ayam berkeliaran bebas, makanannya adalah makanan sisa dari dapur, ukuran kandang tidak diperhitungkan dengan baik, dan kadang menyulitkan tetangga karena kotorannya.

Hasil keuntungan ternak tradisional juga tidak maksimal sebab cara ternaknya tidak efektif dan cenderung sesuka hati saja.

Oleh sebab itu, ada 7 tips cara ternak ayam kampung yang baik perlu anda ketahui sebagai pemula. Agar budidaya yang peternak ayam kampung pemula jalankan lebih efektif dan menghasilkan keuntungan lebih maksimal.

1. Memilih Induk Ayam Terbaik

Memilih indukan yang tepat merupakan kunci utama budidaya ayam kampung. Berikut ini beberapa ciri fisik indukan ayam kampung jantan dan betina yang tepat untuk diternak.

cara ternak ayam kampung
  1. Bulu terlihat baik, mulus, dan tidak kusam.
  2. Ayam kampung aktif bergerak, gesit, dan lincah
  3. Kepala terlihat halus, jengger ayam jantan berwarna merah terang
  4. Ayam tidak memiliki cacat tubuh dan sehat
  5. Ukuran ayam besar dan memiliki imun tubuh yang bagus
  6. Sayap ayam tidak terkulai
  7. Susunan sisik pada kaki teratur rapi
  8. Mata ayam terlihat baik, jernih, dan terbuka sempurna
  9. Paruh ayam pendek dan kuat
  10. Ayam jinak dan tidak takut dengan kehadiran manusia
  11. Harga ayam indukan di kisaran Rp.150.000 hingga Rp. 200.000

2. Siapkan Kandang Tertutup yang Rapi

Kandang tertutup merupakan pilihan terbaik dalam budidaya ayam kampung. Keunggulan utama kandang tertutup adalah kepadatan ayam bisa lebih padat daripada kandang terbuka.

kandang ayam kampung

Alasan berikutnya yaitu soal kontrol kebersihan sanitasi bagi ayam, lingkungan kandang, dan pemukiman sekitar. Kandang tertutup juga lebih mudah mengaturnya dan mampu mengurangi biaya operasional.

Beberapa faktor kandang berkategori baik adalah kandang menghadap ke arah timur atau bisa mendapat sinar matahari pagi secara langsung.

Faktor penting kedua adalah sirkulasi udara yang mesti terjaga lancar. Pastikan ventilasi cukup untuk keluar-masuk udara.

Faktor penting ketiga adalah sirkulasi sanitasi yang baik. Sehingga kotoran dapat peternak bersihkan untuk menjaga kebersihan dan kelembapan kandang.

3. Mengawinkan Indukan Ayam Kampung

Langkah penting berikutnya dalam beternak ayam kampung adalah perkawinan. Saat kandang sudah siap dan indukan ayam sudah tersedia, maka waktunya mengumpulkan kedua indukan tersebut di satu kandang yang sama.

Biarkan selama beberapa hari dan jangan lupa beri makan secara teratur. Indukan jantan dan betina akan melakukan perkawinan setelah keduanya beradaptasi dengan lingkungan baru.

Makanya, jangan pernah paksa indukan jantan kawin dengan indukan betina. Karena mereka akan kawin secara alami dan dengan sendirinya.

Tanda utama perkawinan berhasil adalah indukan betina jadi lebih sering berkokok. Saat itulah, segera pindahkan indukan betina ke kandang lain. Siapkan media bagi indukan betina untuk bertelur.

4. Menetaskan Telur Ayam

Secara alami dan tanpa intervensi manusia, indukan ayam kampung bisa menetaskan telur yang ia erami.

menetaskan telur ayam kampung

Akan tetapi cara tersebut kurang efektif sebab akan memakan waktu lama. Karena itu dalam salah satu cara ternak ayam kampung paling penting adalah pemakaian mesin inkubator penetas telur.

Keuntungan lainnya, indukan betina juga bisa melakukan perkawinan lagi setelah beberapa hari setelah bertelur.

Kondisi ideal yang diciptakan mesin inkubator adalah kondisi seperti saat telur dierami induknya. Beberapa parameternya yaitu suhu di kisaran 28oC-30oC, kelembaban udara terjaga, dan tiap dua hari sekali telur dibalik.

Mesin inkubator penetasan ayam ada yang bisa dibuat sendiri dan dibuat oleh pabrikan. Mesin yang dibuat sendiri memakai kardus dan lampu 5 watt.

Sedangkan mesin inkubator buatan pabrik ada yang berharga ratusan ribu hingga puluhan juta.

5. Memelihara Anakan Ayam

Setelah telur menetas, anak ayam kampung harus berada di kandang khusus untuk pembesaran. Setelah 2 bulan berada di kandang khusus untuk pembesaran, anakan ayam kampung bisa dipindah ke kandang yang lebih besar.

memelihara anakan ayam kampung

Beberapa hal yang penting peternak ayam kampung pemula jaga dan rutin anda perhatikan yaitu:

  1. Kepadatan kandang harus terjaga. Jangan sampai kandang terlalu padat karena akan mengganggu sirkulasi udara.
  2. Suhu kandang juga harus tetap terjaga di kisaran angka 28oC-30oC.
  3. Kebersihan dan sanitasi kandang juga harus dijaga agar terbebas dari kotoran atau sisa pakan.
  4. Berikan pakan secara rutin agar anakan dapat tumbuh baik.
  5. Vaksin harus diberikan pada anakan ayam di usia 4 hari, 4 minggu, dan 4 bulan. Tujuannya sebagai pencegahan dan menambah imun tubuh.

6. Jaga Kebersihan Kandang

Permasalahan kebersihan kandang merupakan salah satu fokus penting dalam rangkaian cara ternak ayam kampung. Untuk itu, ada beberapa cara dan tindakan dalam membersihkan kandang ayam kampung:

1. Bagian dalam merupakan area wajib untuk dibersihkan. Karena di sinilah aktivitas ayam sepanjang hari. Artinya, akan ada banyak kotoran dan sisa makanan berserakan. Idealnya, bagian dalam kandang harus peternak bersihkan sehari sekali.

2. Bagian bawah juga tidak boleh luput dari perhatian. Sebab bagian bawah menampung kotoran yang jatuh dari bagian dalam kandang. Idealnya, bagian bawah juga peternak pemula bersihkan sehari sekali.

3. Cegah jamur dan jaga kelembaban kandang dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Bisa juga menambahkan kapur untuk penyerapan air.

4. Gunakan disinfektan untuk menghilangkan bibit penyakit di kandang. Sebaiknya gunakan jetspray untuk mendapat hasil terbaik.

5. Istirahatkan kandang setelah dibersihkan atau setelah disemprot disinfektan. Idealnya, kandang tidak dihuni ayam kampung selama 14 hari.

7. Menjual Ayam Kampung

Menjual ayam kampung memang terbilang gampang-gampang susah.

jual ayam kampung

Secara tradisional, ayam kampung biasanya dibawa ke pasar untuk dijual. Bisa juga transaksi terjadi antara penjual dan pembeli di kandang. Sayangnya, bila jumlahnya banyak makan terjadi kesulitan menjalankan transaksi tradisional.

Maka dari itu, pemasaran jadi salah satu teknik cara ternak ayam kampung yang harus berjalan sejak anakan ayam baru menetas.

Dengan periode pemasaran yang lebih lama, peternak bisa menjalankan strategi pemasaran. Beberapa strategi pemasaran yang jadi opsi peternak adalah:

1. Memanfaatkan marketplace dan digital marketing seperti OLX, Tokopedia, Facebook, dan Whatsapp. Memakai saluran digital memungkinkan peternak menjangkau konsumen yang lebih luas dan variatif.

2. Menjalankan kemitraan dengan supermarket/koperasi juga bisa jadi pilihan. Dengan begitu, saat ayam kampung siap dipanen, maka supermarket/koperasi juga siap menampungnya. Kemitraan ini terbilang menguntungkan jika dapat anda lakukan dalam periode jangka panjang.

3. Membuka usaha pemotongan ayam sehingga peternak bisa langsung bertemu konsumen akhir, baik itu konsumen rumah tangga atau konsumen restoran/rumah makan.

4. Menjual ke pengepul juga bisa jadi pilihan. Akan tetapi karena melalui perantara, maka biasanya harga untuk peternak lebih rendah dari harga pasar.

Kesimpulan

Ternak ayam kampung adalah bisnis budidaya yang menjanjikan kestabilan pendapatan. Syaratnya, para peternak menjalankan langkah cara ternak ayam kampung yang baik dan terukur.

Peternak ayam kampung pemula harus menyadari bahwa ada sistem  dan pola yang harus diperhatikan dan dijaga. Tidak bisa sekedarnya saja dan justru mengganggu tetangga dengan kotoran ayam.

Dengan menjaga sistem, pola, dan cara ternak ayam kampung, maka peternak bisa mendapatkan hasil terbaik dan maksimal.

Danu Santoso

Saya adalah orang yang tertarik dengan dunia tulis dan foto. Saya memiliki pengalaman yang cukup di kedua bidang tersebut. Saya terbiasa mengerjakan berbagai jenis artikel dan caption media sosial. Beberapa contohnya adalah tema agrobisnis, wirausaha, horor, travelling, ekonomi, dan lain-lain.

Sebelumnya

Edible Flower : 10 Jenis Bunga yang Bisa Kamu Makan

Mengenal Seluk Beluk Buah Nam Nam, Buah Segar yang Semakin Langka

Berikut