Mengenal Seluk Beluk Buah Nam Nam, Buah Segar yang Semakin Langka

Buah nam nam merupakan buah langka yang hampir terlupakan di jaman sekarang, karena tidak banyaknya orang melakukan pembudidayaan terhadap buah tersebut. Tumbuh subur di di kawasan Asia Selatan dan Tenggara membuat buah ini jadi favorit di kawasan tersebut.

Selain dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan buah ini juga dapat dikonsumsi langsung. Agar bisa mengenal buah ini dengan baik, yuk intip seluk beluknya dari artikel berikut ini.

Apa Itu Buah Nam Nam?

Buah nam nam dengan nama ilmiah Cynometra Cauliflora merupakan sejenis pohon dari famili polong-polongan (Leguminosae atau Fabaceae). Buah ini ialah salah satu buah langka yang tumbuh di kawasan Asia Selatan dan Tenggara, seperti India, Sri Lanka, Malaysia, hingga Indonesia.

Nama nam nam merupakan sebutan dari orang Jawa untuk buah ini. Namun, beberapa wilayah Indonesia memiliki nama tersendiri untuk buah tersebut, yaitu pukih (Sunda) dan namu namu (Makassar), serta masih banyak lagi.

Masyarakat jaman dulu seringkali menjadikan buah nam nam sebagai obat-obatan tradisional yang ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit. Buah ini dikenal mampu mengatasi diare, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan buah air, menurunkan berat badan, menetralkan tekanan darah, obat kencing manis, dan masih banyak lagi.

Karakteristik Pohon dan Buah Nam Nam

Apabila kita lihat dari fisiknya, buah nam nam memiliki bentuk agak oval dan pipih. Buah ini umumnya berwarna cokelat ketika masih mentah, dan hijau kekuningan saat sudah matang. Untuk rasanya, buah ini memiliki citarasa asam sedikit manis, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi secara langsung.

Sementara itu, pohonnya memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi alias kurang dari 3 meter. Selain itu, daun muda pohon nam nam memiliki warna merah muda terang, sehingga seringkali membuat pohon namnam jadi favorit penggemar tanaman hias.

Kulit batang pohon ini memiliki tekstur halus berbintil dengan warna kecokelatan atau abu-abu. Batangnya berbonggol-bonggol, bertajuk agar rapat, memiliki ranting yang berkelok-kelok, serta daun majemuk dengan sepasang anak daun, bertangkai 2 sampai 8 mm.

buah nam nam sawo pancukan

Untuk bentuk daunnya ada yang lonjong dan bundar seperti telur miring tidak simetris. Warnanya hijau mengkilap, namun saat muda daunnya berwarna putih atau merah jambu terang. Selain itu, ujung dari daun pohon ini meruncing dan terlihat begitu indah.

Lalu, bunganya merupakan tandan kecil, yang mempunyai 4-5 tandan. Bunga kecil dari pohon nam nam memiliki kelopak merah jambu pucat, serta mahkota berbentuk lanset putih.

Manfaat Buah Nam Nam

Buah nam nam memiliki antioksidan tinggi yang terbukti ampuh melawan radikal bebas penyebab penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, gangguan fungsi otak, katarak, diare, hingga arthritis.

Selain kandungan antioksidan buah ini juga memiliki sumber vitamin C tinggi, yakni 121,44 mg dalam 100 ml. Vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perkembangan, pertumbuhan, serta perbaikan seluruh jaringan di dalam tubuh. Vitamin ini pun terrlibat dengan pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, menjaga sistem imun, penyembuhan luka, hingga pemeliharaan tulang dan gigi.

Karena kaya akan vitamin c dan antioksidan, buah langka ini juga bagus untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta molekul berbahaya. Bahkan, kandungan antioksidan di dalamnya bisa membuat kulit tampak cerah, meredakan iritasi, dan menghilangkan garis halus pada kulit.

Cara Makan Buah Nam Nam                                 

Buah nam nam yang siap untuk dikonsumsi adalah yang telah matang dan sudah berwarna kuning. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan cara dibelah tengah atau vertikal, sesuai garis buah.

Selain itu, buah ini bisa kamu olah menjadi rujak, asinan, manisan atau kolak bersama campuran bahan lain. Bahkan, ada pengrajin yang mengolahnya menjadi keripik super crispy.

 Tentu saja, rasanya akan sangat nikmat dan menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

Cara Menanam Buah Nam Nam

Nah, kalau kamu ingin menanam buah nam nam dengan tujuan membudidayakan agar tidak cepat punah, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti di bawah ini.

Memilih Lokasi Tanam

Pohon nam nam bisa kamu tanam di sekitar rumah saja, baik itu halaman depan atau belakang rumah. Untuk hasil terbaik, kamu bisa menanamnya di area dataran rendah dengan suhu sekitar 30 sampai 35 derajat celcius. Pastikan pohon nam nam mendapatkan sinar matahari penuh agar bisa tumbuh dengan baik.

Memilih Bibit

Setelah berhasil memilih lokasi penanaman, saatnya kamu mencari dan memilih bibit buah nam nam. Umumnya, pohon nam nam ini petani tanam dari biji, dengan tinggi bibit sekitar 30 sampai 70 cm.

Jika kamu merawatnya dengan baik, bibit pohon namnam biasanya cepat berubah sekitar empat tahun, atau 3-5 tahun sejak penanaman, hingga akhirnya memiliki buah. Agar pohonnya semakin banyak, kamu bisa melakukan proses cangkok atau okulasi.

Sayangnya, pohon nam nam memiliki satu kelemahan, yaitu sulit menemukan bibit dan pohonnya di jaman sekarang ini. Namun, jika kamu datang ke tempat toko pertanian bibit tanaman lengkap, bisa saja kamu memiliki peluang untuk mendapatkannya.

Untuk kisaran harga bibit cangkok buah nam nam di pasaran, yaitu mulai dari Rp.42.000 sampai Rp.175.000 tergantung kualitasnya. Kamu bisa memilih bibit yang bagus untuk digunakan, namun tetap hemat di kantong.

Penanaman

Untuk penanaman pohon nam nam sendiri, kamu bisa melakukannya secara langsung di tanah, atau melalui tabulampot. Jika menanam secara langsung, kamu bisa melakukannya di tanah kompos atau humus dengan penyiraman satu kali sehari.

Sementara untuk penanaman lewat pot, kamu bisa menggunakan pot dengan diameter sekitar lebih dari 60 cm. Lalu, gunakan media tanah kompos atau tanah humus, masukkan bibit pohon nam nam, dan lakukan penyiraman selama satu kali dalam sehari.

Perawatan Tanaman

Pohon nam nam termasuk dalam kategori pohon tangguh, sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra dalam pertumbuhannya. Cukup siram dengan air satu kali sehari, lalu berikan pupuk NPK daun selama 30 hari sekali agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah itu, kamu bisa langsung panen dan menikmati buah nam nam yang asam serta manis untuk dimakan langsung atau diolah menjadi rujak segar. Selain memberikan kesegaran bagi tubuh, kamu bisa mendapatkan kesehatan dari hasil konsumsi buah tersebut.

Kesimpulan

Buah nam nam saat ini memang sudah langka dan hampir punah, terbukti dengan jarangnya orang yang menanam pohon ini. Bahkan, para anak muda jaman sekarang tidak begitu mengenal pohon nam nam yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan.

Adanya cara menanam pohon nam nam di atas bisa kamu pergunakan untuk membudidayakan serta melestarikannya kembali. Dengan proses perawatan yang mudah, pastinya kamu bisa meraawat pohon nam nam tanpa masalah, apalagi bisa ditanam di halaman atau belakang rumah, sehingga mudah untuk dipantau perkembangannya.

Yuliawanti Dewi
Yuliawanti Dewi merupakan mahasiswi tingkat akhir prodi ekonomi syariah. Aktif di dunia kepenulisan sejak tahun 2011 dan mulai mempelajari penulisan artikel pada tahun 2017. jika ingin berkenalan lebih lanjut bisa hubungi IG: @daisyfuu_
Sebelumnya

Cara Ternak Ayam Kampung untuk Pemula

Kartu Tani, Kartu Sakti untuk Subsidi Petani

Berikut